Photoshop 2

PHOTOSHOP

Cartoon Creative berbagi ilmu | berbagi pengalaman

Membuat Hiasan Bola Kristal dengan Photoshop

…nah sudah bisa kan temen2 buat bola kristal kaya’ yang di Bagi Ilmu tahap A.1… sekarang saya coba menurunkan warisan… berupa ilmu untuk menghias bola kristal yang telah dibuat sebelumnya… (warisan apaan tuh… ga mutu…) tapi yo ga pa2… yang penting ilmu-nya bermanfaat.
oh ya…tips dari saya setelah menggambar apapun dari photoshop lebih baik disimpan dengan format .psd agar suatu saat bisa dimodifikasi lagi… baru setelah itu disimpan dengan format lagi ga pa2…
…seperti bola kristal yang telah kita buat agar bisa dimodifikasi…kreasikan saja dengan warna-warna yang cerah… seperti warna2 berikut… :

0a2

langsung saja… inilah dia resep2 membuat hiasan bola kristal :

1.Mari kita awali sesi ini dengan bacaan basmalah bersama (lho kok kaya’ mo ngaji aja…) nih… pertama-tama membuka file bola kristal yang pernah kita buat… (kalau belum buat ya buat dulu… n kalau sudah dihapus atau terlanjur disimpan dengan format lain lebih baik buat lagi aja… kan ga lama, paling ga sampai 5 menit… kalau saya mau pakai bola kristal berwarna hijau dulu yang kelihatan cerah… open >> pilih file bola kristal

1a2

2.Setelah file bola kristal dibuka, kita gandakan bola kristal tersebut, pertama pilih layer bola kristal… lalu pilih Layer >> Duplicate Layer >> beri nama, misal hiasan bola >> OK atau ctrl+j dengan nama default copy. nah sekarang kita punya 2 layer, bola kristal dan hiasan bola…

2a2

3.Selanjutnya kita ubah warna hiasan bola dengan Klik Image >> Adjusments >> Hue/Saturation atau ctrl+u, tentukan warna yang dirasa cocok untuk hiasan bola… kalau saya kan bola nya hijau (Hue 100, Saturation 100, lightning 7, colorize), jadi hiasan saya beri warna kuning dengan nilai Hue 50, Saturation 100, dan lightning 7. Sekarang sudah ada dua layer bola dengan warna hijau dan kuning.

3a2

4.Di tahap ini kita akan membentuk hiasan dengan bantuan filter distort. Pilih dulu layer hiasan bola… klik Filter >> Distort >> Polar Coordinates… gunakan tipe Rectangular to Polar. Ulangi langkah tersebut 4 kali, maka akan terbentuk seperti pada gambar.

4a2

5.Zimbabwe masih jauh… urusan kita kita belum selesai… (emang ngapain jauh2 ke Zimbabwe…) anyway… pilih layer hiasan bola, sekarang kita akan membentuk hiasan bola dengan bantuan filter twirl. Caranya klik Filter >> Distort >> Twirl… >> tentukan besarnya angle sesuai selera… kalau saya sendiri menggunakan Angle sebesar 500. Maka… kun! (jadilah!) hiasan bola.

5a2

6.Bisa dilihat ukuran hiasan tidak pas dengan ukuran bola kristal… untuk menyesuaikan ukuran, pilih layer hiasan bola… tekan ctrl+t untuk masuk ke transform… sesuaikan ukuran hiasan dengan bola… (klo yang ini sesuaikan sendiri… soale saya bingung menjelaskannya… yang penting pas aja).

6a2

7.Nah… untuk penghujung sesi ini maka marilah sebelum kita akhiri sesi kita baca hamdalah bersama… (lho..) ya ga pa2 ding… ni… sebelum kita simpan ada baiknya kita percantik sedikit dengan penajaman warna (ini cuma tambahan…). Caranya, klik kanan layer hiasan bola, pilih Bending Option… klik/centang Drop Shadow, sesuaikan atribut (kalau saya Distance 7, Spread 14, Size 21), lalu gabungkan 2 layer tersebut dengan pilih Layer >> Merge Down atau tekan ctrl+e. Lalu pilih Image >> Adjusments >> Brightness/Contras… tentukan Brightness dengan nilai 35 dan Contras 14 atau sesuaikan selera… Simpan file tersebut dengan format .psd, baru setelah itu kita simpan dengan format lain… misalnya .gif agar background jadi transparan… atau .jpeg agar kualitas bisa terjaga…

7a2

akhirnya… jadi juga bola kristal dengan hiasannya… cape’ nih… tidur dulu ah… (…baru gitu aja dah capek… payah…)

Kalau ada yang mau kasih komentar, protes, mencela, mau usul atau request, atau mau nanya2 silahkan ungkapkan unek2nya kepada saya lewat comment dibawah… (kalau ada kesulitan tinggal tanyakan lewat comment aja… atau klo mau sms…(maunya ^^…) )
Buat temenku yang di Bandung (mo nyebut nama ndak ga enak…) … jangan pernah menyerah…buat nyong ini hanya masalah kebiasaan…keep on tryin’ bro!

Next : Bagi Ilmu 2 : Membuat Animasi Text Sederhana dengan Image Ready (wih…pake next, padahal ga tau apa tu arti next…)

Dah dulu ya, Insya Allah nanti lain waktu akan lebih banyak lagi……………………….! terima kasih semoga bermamfaat.

Cartoon creative
Ahadiat Ihsan (Oyok) 2010
YAHOO
GOOGLE
FACEBOOK
TWITTER
MYSPACE
This entry was posted in Belajar Photoshop. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s