Cari File di Google

GOOGLE

Cartoon Creative berbagi ilmu | berbagi pengalaman

CARA MENCARI FILE DI GOOGLE

Sebelumnya kita dah mengenal berbagai simbol yang biasa digaunakan dalam search engine terlebih di google. Namun demikian masih banyak operator2 lain yg bisa kita gunakan dalam mencari file apapun yg kita inginkan.

Untuk saat ini mungkin ada beberapa di antara anda yg sudah sering memakai operator macam yang akan kita bahas selanjutnya. Namun demikian kali ini adalah petunjuk langsung bagi yg belum pernah menggunakan atau baru mengenal cara ini. Dan semua cara ini adalah yg biasa saya pakai. Jadi akan lebih mempermudah anda dalam mencari file apapun di belantara internet.

Google memiliki database yang luar biasa lengkapnya. Dia memiliki engine yang sulit kita mengerti. Googlebot, pagerank, advanced search, bla bla bla, whatever. Pokoknya kita tinggal pake aja dg apa yg google punya. Ada yang mudah kenapa harus repot. ya nggak?

Sebagian besar file yang kita cari berada pada sebuah directory web server. Karena itu string spesifik yang biasa dipakai adalah “index of“, “last modified“, “parent of“, dst. String ini biasa kita temukan pada sebuah directory listing yang ada di web server (tempat web kita bernaung / host). Directory listing itu adalah fitur dari web server yang dapat menampilkan isi suatu direktori. Jadi yang akan kita lakukan adalah usaha untuk mencari serta menampilkan isi direktori yang kemungkinan ada file yg kita cari.

Berikut adalah operator atau string google search yang perlu anda kenali:

- index of: Untuk Menampilkan directory listing pada web server.

Keyword: index of:Adsense

Keyword tersebut akan mencari directory listing web server yang mengandung kata “Adsense”

- limitors: digunakan untuk menyaring result yang kita inginkan dari page yang tidak diharapkan . Karena biasanya directory listing ini adalah sebuah direktori alias tidak ada ekstensi maka kita harus menyaring result yang memiliki ekstensi umum seperti html , php , htm , asp dan sebagainya.

- intitle: Untuk mencari kata-kata dari judul suatu halaman web.
Keyword: intitle:Lowongan Kerja
Keyword tersebut akan mencari judul halaman “Lowongan” dengan deskripsi “Kerja”

- allintitle: Untuk mencari kata-kata dari judul halaman web secara lengkap.
Keyword: allintitle:Lowongan Sekretaris
Keyword tersebut akan mencari judul halaman yang mengandung kata “Lowongan” dan “Sekretaris”

- inurl: Digunakan untuk mencari semua URL yang berisi kata-kata tertentu.
Keyword: inurl:Lowongan CPNS
Keyword tersebut akan mencari URL yang mengandung kata “Lowongan” dengan deskripsi “CPNS”

- allinurl: Digunakan untuk mencari semua URL yang berisi kata-kata tertentu.
Keyword: allinurl:Lowongan Kerja
Keyword tersebut akan mencari URL yang mengandung kata “Lowongan” dan “Kerja”

- site: Untuk mencari dalam suatu situs tertentu saja
Keyword: site:echo.or.id
Semua pencarian hanya berdasarkan site “echo.or.id”

- cache: Ketika Googlebot mengindeks suatu situs, google akan mengambil snapshot dari semua halaman yang telah terindeks. Operator ini membantu melihat halaman-halaman yang telah dicache.
Keyword: cache:echo.or.id
Misalkan site aslinya sudah tidak aktif, anda tetap dapat melihatnya pada snapshot/cache yang disimpan oleh Google.

- define: Operator ini digunakan untuk mencari definisi dari frasa tertentu. Semua kata yang diketik setelah operator ini akan diperlakukan sebagai satu frasa.
Keyword: define:hacker

- filetype: Jika kita mencari jenis file tertentu yang berisi informasi yang anda inginkan kita bisa menggunakan operator ini.
Keyword: “bisnis” filetype:pdf
Sampai tulisan ini dibuat google support tipe file
# Adobe Portable Document Format (pdf)
# Adobe PostScript (ps)
# Lotus 1-2-3 (wk1, wk2, wk3, wk4, wk5, wki, wks, wku)
# Lotus WordPro (lwp)
# MacWrite (mw)
# Microsoft Excel (xls)
# Microsoft PowerPoint (ppt)
# Microsoft Word (doc)
# Microsoft Works (wks, wps, wdb)
# Microsoft Write (wri)
# Rich Text Format (rtf)
# Shockwave Flash (swf)
# Text (ans, txt)
Ref: http://www.google.com/help/faq_filetypes.html

- link: Untuk mencari tahu berapa banyak link ke suatu situs, kita bisa menggunakan operator link.
Keyword: link:www.google.com

- related: Untuk mencari halaman yang isinya mirip dengan URL tertentu.
Keyword: related:www.google.com

Setelah kita mengenali operator tersebut, kini yang perlu kita pelajari adalah format susunan menggunakan operator tersebut supaya pencarian kita tidak bertele-tele. Walaupun operator di atas tersebut sudah bisa digunakan, hasilnya tentu belum bisa di jamin. Karena masing2 punya fungsinya tersendiri. Karena itu kita perlu format tambahan atau gabungan. Sehingga dg gabungan operator tersebut pencarian akan semakin di persempit. Klo dah sempit tentu akan semakin enak kan. ups! Maksudnya semakin mudah didapat.

Format Umum yang biasa orang lain gunakan adalah tipe seperti ini:

Type 1 : [Directory String] + (inurl:)[file type] + [Nama File]
Type 2 : [Directory String] + (intitle:)[file type] + [Nama File]
Type 3 : [Directory String] + (intitle:)[file type] + [Nama File] + [limitors]
Type 4 : [Directory String] + (intitle:) + /[Nama File]/

[Directory String] merupakan string spesifik yang biasa kita jumpai di awal list . Ada beberapa yang bisa digunakan seperti : “index of”,”last modified”,”parent of” .

Ok. Sudah cukup teorinya. Saatnya SON (Searching Online Nyata) <>

Mencari File Multimedia

Multimedia tentunya akan banyak jenisnya. Bisa file (filetype) MP3, 3gp, mpeg, vob, wma, mp4, midi, flv, atau file gambar .jpg, .jpeg, .gif, psd dll. Bila sudah mengetahui jenis file yang anda inginkan selanjutnya kita perlu menggunakan string spesifik yg telah kita pelajari tadi.

Sebagai contoh saya akan mencari sountrack atau Ost dari Naruto. Apa saja kemungkinan yang perlu kita catat. Pertama siapa penyanyinya. (klo tau lho). Naruto kalau tidak salah adalah Toshiro Masuda. Jadi Si Toshiro ini juga bisa jadi keyword. Kedua bisa dari judul lagunya. Biasanya ada dua versi. English dan Jepang. Klo mau tau bedanya liat aja deh posting berikutnya. Nanti aku upload list hasil searchnya. Ketiga bisa dari tipe filenya. MP3 dan kawan2. kira2 aja deh. Ada apa ngga. Terus format yang biasa di gunakan adalah type ke 2, 3 dan 4. Jadinya seperti ini:

Tipe ke 2 = intitle:index.of + .mp3 + Naruto
Tipe ke 3 = intitle:index.of + .mp3 + Naruto + -html -php -htm -asp
Tipe ke 4 = intitle:index.of + /naruto/

Adapun query yg saya pakai seperti ini = (?intitle:index.of? .mp3 naruto) atau yang ini (?intitle.index.of? /naruto/). Kok beda tipis ya? Meneketehe…!

Sorry bro. Aku lupa kenapa query yg aku pake rada beda dan pake tanda tanya pula. Ada yg tau?

Perintah pada tipe ke 2 maksudnya meminta pada google untuk mencari file naruto yang bertipe mp3 pada directory listing web server. Karena itu saya tambahkan titik pada tipe file. Bila tidak ada titik google hanya mencari directory yg mengandung kata mp3 dan naruto. Dan hasilnya biasanya lebih banyak fake alias paselu

Umumnya berupa url yg bertipe file html php htm dst.

Karena itu pada tipe ke 3 ada penambahan -html -php -htm -asp. Maksudnya semua link jenis ini ditiadakan. (tanda minus = kecuali atau dibuang aje). Hasilnya jadi lebih bersih. Namun bisa juga jadi nol hasilnya. Yap, tersaring bersih. Klo ngga ketemu yg dicari ya jangan nangis

Tipe ke 4. Ini favorit ku. Lebih cepat ketemu. Maksudnye saya minta sama google untuk mencarikan direktori yang ada kata narutonya. Direktori di web sama dengan folder di komputer kita. Jadi umumnya bisa dapet satu paket klo pake cara ini. Dari ujicoba ini kita malah bisa merembet menemukan lagu2 atau hal lainnya. Bahkan hal2 yg tak terduga. Misal cari mp3 malah ketemu ebook harga ratusan dollar atau film “di balik teduhnya neraka (ne’ ra ketemu tuku ae)”.

Mencari File Dokumen

Tipe2 dokumen juga dah jelas. Coba deh lirik keatas. Kasusnya masih sama dg yang multimedia. Dokumen, klo favoritku berarti jatuh pada file semacam ebook. Dan umumnya aku pilih yg pdf. Diantara anda mungkin lain. Bisa cari free ebook, buku tutorial, panduan, tips bisnis, Contoh surat Lamaran Kerja, Contoh CV, dll. Biar ngga pusing pastikan dulu apa yg anda cari. Dokumen kan banyak bro. Karena umumnya file dokumen di support sama browser internet macam internet explorer, mozilla firefox, opera, dll tentunya file tersebut bisa kita baca langsung tanpa perlu mendownloadnya.

Format yg sering dipakai:
Type 1 : [Directory String] + (inurl:)[file type] + [Nama File]

Ini yg sering dipakai. Menjadi inurl: .pdf + hacking atau juga inurl:”Contoh Surat Lamaran Kerja.doc” -html. Bahkan tanpa inurl pun anda juga bisa. Karena yg akan terjadi google akan mencari file bernama hacking.pdf dan Contoh Surat Lamaran Kerja.doc. Dari sini juga ada dua kemungkinan. Mungkin anda akan langsung menemukan link ebook hacking.pdf dan Contoh Surat Lamaran Kerja.doc yang langsung bisa anda baca atau download, dan mungkin juga anda cuma menemukan link url yang mengandung kata hacking dan pdf. Biar aman anda bisa menambahkan limitor seperti pada inurl:”Contoh Surat Lamaran Kerja.doc” -html biar link yg berextensi html, htm, php dll dibuang. Jadi pilih yg berextensi .pdf saja atau sesuai yg anda cari (bisa .doc, .rtf, .txt, dll). Oh ya, diatas juga ada tanda kutipnya. Tau kan kenapa? Klo ngga tau baca Pesugihan Mbah Google.

Klo anda tidak tau apa yg anda cari atau memastikan anda cuma mau cari ebook apapun namanya, well bisa di coba cara yang ke 4. Sama dengan sebelumnya. Yaitu ?intitle:index.of? /ebook/ atau bisa juga /ebooks/ atau /download/ atau /software/. Seperti yg saya bilang, sepinter-pinter kamu nya aja dalam memakai keyword (ganti yg dalam tanda slash aja).

Cara inilah yg saya pakai saat memposting halaman download dan free ebook.

10 Trik Pencarian Sederhana di Search Engine Google.

  1. Gunakan operator “site:”, untuk membatasi pencarian anda terhadap suatu situs/website tertentu. Saya seringkali menggunakan trik pencarian google ini, dan  sebagai contoh, silahkan coba pencarian ini: YouTube site:be7stuff.blogspot.com.
  2. Gunakan Google sebagai alat bantu spelling (ejaan). Coba sekarang anda masukkan kata/kalimat tersebut di Google, maka anda akan diberikan sugesti dengan cepat jika kata/kalimat tersebut salah. Jika anda, mendapatkan kata atau kalimat yang kurang dipahami, dengan operator “define:” maka anda akan mendapatkan informasi dari definisi atau pengertian kata tersebut, sebagai contoh: define: blogger.
  3. Gunakan Google sebagai Kalkulator. Google dapat juga dijadikan sebagai mesin kalkulator — sekarang coba saja cari hasil dari 110 * (654/8 + 3).
  4. Menemukan waktu dimanapun di dunia ini. Hal ini sangat membantu anda, jika tidak ingin menelpon tengah malam pada seseorang. Hanya dengan cara mengetikkan “time” dan nama lokasi/kota yang diinginkan. Misalnya, time Indonesia
  5. Konversi Mata Uang (currency conversion). Google juga dapat menjadi konvertor mata uang, misalnya: 100 rupiahs in dollars.
  6. Gunakan operator OR. Ini juga merupakan hal yang penting jika anda ingin cari topik tertentu yang betul-betul anda butuhkan. Misalnya, anda dapat mencari dengan dengan: search engine or “google” site:be7stuff.blogspot.com
  7. Operator “-“ untuk membatasi hasil pencarian. Anda dapat membatasi pencarian dengan operator tersebut. Sebagai contoh, jika anda ingin cari informasi mengenai American Idol tanpa menyertakan informasi mengenai Simon Cowell, anda dapat mencobanya dengan ekspresi seperti ini: “american idol” -cowell
  8. Pencarian untuk tipe dokumen tertentu. Google dapat mencari tipe dokumen spesik dari file yang ada di internet dengan can menggunakan operator “filetype:”. Misalnya, anda ingin mencari file PDF: blog filetype:pdf
  9. Operator “..” untuk Mencari Range Angka. Anda ingin cari informasi tentang Film 1950-an, anda dapat menggunakan ekspresi: Movies 1950..1960
  10. Cari Kode Lokasi Tertentu. Ingin mengetahui dimana lokasi dari nomor handphone tertentu? Google akan menjawab hal ini, dan juga dengan informasi petanya, contoh: 62

Dah dulu ya, Insya Allah nanti lain waktu akan lebih banyak lagi……………………….! terima kasih semoga bermamfaat.

Cartoon creative
Ahadiat Ihsan (Oyok) 2010
YAHOO GOOGLE FACEBOOK TWITTER MYSPACE
This entry was posted in OTHER. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s